Thursday, 3 June 2010

Belajar Seismik Refleksi

Seismik merupakan suatu gelombang, nah gelombang ini dapat dikatakan suatu ‘gangguan’ yang merambat dalam suatu medium. Gelombang seismik ini merambat dalam lapisan bumi sesuai dengan prinsip yang berlaku pada perambatan gelombang cahaya: pembiasan dengan koefisien bias, pemantulan dengan koefisien pantul, hukum-hukum Fermat, Huygens, Snellius dan lain-lain.
Untuk hukum snellius ini secara praktis dapat dijelaskan dengan gambar berikut ini,


Intinya yang dapat kita peroleh dari gambar tersebut Sinus sudut bias sama dengan sinus sudut datang kali perbandingan kecepatan medium pembias terhadap kecepatan medium yang dilalui gelombang datang.
Nah…untuk faktor yang biasanya mempengaruhi kecepatan gelombang seismik antara lain litologi, bulk density, porositas, perbedaan tekanan, dan fluida pori.
Jika dihubungkan antara kecepatan gelombang seismic ini dengan litologi, maka dilihat juga dari gambar dibawah ini (supaya lebih menarik ilmunya kalo pake gambar.hehehehe).


Jadi bisa dilihat tuh, kecepatan gelombang seismic dari masing-masing litologi, mulai dari golongan clay sampai golongan salt & anhydrite besar kecepatan yang beda-beda.

No comments:

Post a Comment